Ayat Emas hari ini :

Sunday, November 8, 2009

Sekilas tentang Pulau Mansinam

Mansinam adalah nama dari salah satu pulau yang terletak di teluk doreri sebelah selatan kabupaten manokwari, propinsi papua barat. Pulau mansinam dengan luas 410,97 Ha yang dikelilingi pantai pasir putih nan elok, sungguh indah dan menawan. Saya dibesarkan di kota manokwari, berbagai obyek wisata sering saya kunjungi termasuk Pulau Mansinam. Bagi saya pulau mansinam merupakan salah satu karya Tuhan yang sungguh indah.

Selain merupakan pulau yang indah, pulau mansinam juga merupakan salah satu tempat bersejarah terutama bagi pemeluk agama kristen di tanah papua, karena pulau mansinam juga menyimpan sejarah peradaban di tanah papua yang mana pada tanggal 5 Februari 1855, dua missionaris berkebangsaan Jerman yaitu : Carel William Ottow dan Johann Gottlob Gissler menginjakkan kaki pertama kali di pulau mansinam. Hingga saat ini apabila kita berkunjung ke pulau mansinam kita akan menemukan berbagai bukti sejarah tentang pekabaran injil seperti Gereja, Rumah, Asrama, sumur tua, dan beberapa makam zendeling yang ada di pulau tersebut. Peristiwa yang terjadi pada tanggal 5 februari tersebut ditetapkan sebagai Hari Pekabaran Injil di Tanah Papua yang setiap tahun di rayakan seluruh umat kristen di tanah Papua.

Gereja lahai Roi di pulau Mansinam

Sumur Tua di pulau Mansinam

Tugu Pekabaran Injil di pulau Mansinam

Itulah sekilas tentang pulau mansinam yang bisa saya sharing, apabila masih penasaran mungkin lebih baik datang saja langsung untuk berkunjung ke pulau mansinam. semoga bermafaat....

Salam,-etex-



No comments:

Post a Comment